30 Januari 2012

Sistem Perekonomian Negara-negara Asean.

| 30 Januari 2012 | 11 komentar

Sistem Perekonomian Filipina

Ekonomi Filipina merupakan keempat terbesar di Asia Tenggara dan ketiga puluh enam didunia berdasarkan PDB. Filipina menganut sistem ekonomi campuran dengan industri utama bergerak pada bidang pengelolaahan makanan, tekstil,elektronik,dan otomotif.Pusat industri utama bergerak pada bidang pengolahan makanan, tekstil, elektronik dan otomotif. Pusat industri umumnya berada di daerah Metro Manila dan Metro Cebu. Agrikultur masih memegang peranan penting dalam perkembangan ekonomi di Filipina.

Amerika Serikat dan Jepang telah menjadi mitra ekspor utama Filipina. Selain itu, RRC, Singapura, Hong Kong, Korea Selatan dan Jerman juga menjadi mitra ekspor terbesar Filipina. Sebagian besar ekspor berupa barang komponen elektronik dan semi konduktor, disamping itu hasil alam seperti gas alam, minyak kelapa dan buah - buahan menjadi andalan utama bidang ekspor hasil alam.

Filipina tergabung dalam beberapa forum ekonomi internasional seperti ASEAN, WTO dan APEC.

Sistem Perekonomian Malaysia >
Malaysia adalah negara yang sedang membangun, mengamalkan pasaran berorientasikan negara dan terbuka. Negara memainkan peranan yang penting tetapi semakin berkurangan dalam menjana ekonomi menerusi perancangan makroekonomi. Di alam tahun 2007,

Ekonomi Malaysia adalah negara mempunyai ekonomi ke-29 terbesar di dunia mengikut pariti kuasa membeli dengan keluaran dalam negara kasar bagi tahun 2007 dianggarkan berjumlah $357.9 bilion dengan suatu kadar tumbesaran sebanyak 5% hingga 7% semenjak 2007.Negara-negara Asia Tenggara telah mengalami suatu peningkatan ekonomi mendadak dan menjalani pembangunan yang pantas semasa akhir abad ke-20 dan mempunyai satu KDNK per kapita sebanyak $14,400, telah dianggap sebagai sebuah negara industri baru.Bagi taburan pendapatan, terdapat 5.8 juta seisi rumah pada tahun 2007.

Daripada itu, 8.6% mempunyai pendapatan sebulan di bawah RM1,000, 29.4% mempunyai pendapatan di antara RM1,000 dan RM2,000, manakala 19.8% memperolehi di antara RM2,001 dan RM3,000; 12.9% daripada seisi keluarga/rumah memperolehi di antara RM3,001 dan RM4,000 serta 8.6% di antara RM4,001 dan RM5,000. Akhirnya, di sekitar 15.8% daripada seisi rumah mempunyai pendapatan di antara RM5,001 dan RM10,000 serta 4.9% mempunyai pendapatan RM10,000 dan ke atas.
Sistem Perekonomian Singapura
Sebelum merdeka tahun 1965, Singapura adalah pelabuhan dagang yang beragam dengan PDB per kapita $511, tertinggi ketiga di Asia Timur pada saat itu. Setelah merdeka, investasi asing langsungdan usaha pemerintah untuk berdasarkan rencana bekas Deputi Perdana Menteri membentuk ekonomi Singapura saat ini.
Economist Intelligence Unit dalam Indeks Kualitas Hidup menempatkan Singapura pada peringkat satu kualitas hidup terbaik di Asia dan kesebelas di dunia.Singapura memiliki cadangan devisa terbesarkesembilan di dunia.Negara ini juga memiliki angkatan bersenjata yang maju.Setelah PDB-nya berkurang -6.8% pada kuartal ke-4 tahun 2009.Singapura mendapatkan gelar pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia, dengan pertumbuhan PDB 17.9% pada pertengahan pertama 2010.
Sistem Perekonomian Vietnam
Vietnam secara umum masih tergolong negara miskin dengan GDP US$280,2 miliar (estimasi 2006). Ini menandakan kemampuan daya beli sebesar ~US$3.300 per kapita (atau US$726 per kapita berdasarkan market exchange rate). Tingkat inflasi diperkirakan 7.5% per tahun pada 2006. Daya beli publik meningkat dengan pesat. Kemiskinan, berdasarkan jumlah penduduk yang hidup dengan pendapatan di bawah $1 per hari, telah menurun secara drastis dan sekarang lebih sedikit daripada di Cina, India dan Filipina.

Sebagai hasil dari langkah-langkah reformasi tanah (land reform), Vietnam sekarang adalah produsen kacang cashew terbesar dengan pangsa 1/3 dari kebutuhan dunia dan eksportir beras kedua terbesar di dunia setelah Thailand. Vietnam memiliki persentasi tertinggi atas penggunaan lahan untuk kepentingan cocok tanam permanen, 6,93%, daripada negara-negara lain di Sub-wilayah Mekong Raya (Greater Mekong Subregion). Selain beras, kunci ekspor adalah kopi, teh, karet dan produk-produk perikanan. Tetapi, peranan pertanian terhadap pemasukan ekonomi telah berkurang, jatuh berdasarkan sumbangan terhadap GDP dari 42% pada tahun 1989 menjadi 20% pada tahun 2006, akibat dari meningkatnya produksi sektor-sektor ekonomi lainnya. Pengangguran diperkotaan meningkat terus menerus dalam beberapa tahun terakhir karena tingginya tingkat migrasi dari desa ke kota-kota, sedangkan pengangguran di pedesaan sudah mencapai level kritis. Di antara langkah-langkah lain yang diambil dalam proses transisi ke ekonomi pasar, Vietnam, pada Juli 2006 meng-update peraturan properti intelektualnya untuk mematuhi TRIPS. Vietnam diterima sebagai anggota WTO pada 7 November 2006. Partner-partner perdagangan utama Vietnam termasuk Jepang, Australia, negara-negara ASEAN, Amerika Serikat dan negara-negara Eropa Barat.

sumber : id.wikipedia.org

11 komentar:

Geotayo mengatakan...

Hello, am happy to be here. Hope your site become successful.

Tonny Mondong mengatakan...

info bermanfaat ni sobat :)

nuel's Blog mengatakan...

@goetayo : thanks for ur visit
@tonny : thx bang

:) :)

drieant mengatakan...

seharusnya kita bisa memiru singapura yang menjadi nomor satu kualitas hidup terbaik di Asia dan kesebelas di dunia.
karena dia sadar akan dirinya yang kecil, tapi justru bisa memaksimalkan potensinya sebagai negara dagang. bukankan indonesia dulu negara dangang pada jaman sriwijaya? seharusnya tetap di kembangkan tu supaya bisa menyaingi singapura, jangan malah terombang ambing tak jelas perekonomiannya. kasian ya indonesia :D

Fahrur Rozi Illahi mengatakan...

kalo membahas perekonomian indonesia memang msih harus bnyak bljar :)

Mhar Zhun mengatakan...

wah bagus juga nigh artikel, ijin nyimak dan ijin koment sambil nunggu visitbacknya biar solid

UII Official mengatakan...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
:)
twitter : @profiluii

jesica tanod mengatakan...

kurang lengkap buat bikin tugas sekolah

saracens mengatakan...


terima kasih infonya, salam kenal dari saya :)

UII Official mengatakan...

Thanks for providing such a great article, it was excellent and very informative.
as a first time visitor to your blog I am very impressed.
Economics :)

Immanuel Admin mengatakan...

@UII oficial
your welcome, thanks for your visit, I'm very proud
hopefully this article is able to useful

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 

Pengikut

© Copyright 2010.coretan-sianakrantau.blogspot.com . All rights reserved | coretan-sianakrantau.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com